About Me

My photo
a public relation student at one of the best university in Indonesia and a fanatic fan of her mom!

Wednesday, November 30, 2011

Pengakuan mereka, para perokok aktif. Berhenti merokok dimulai dari DIRI SENDIRI! (Jilid 2)

Gw      : Sejak kapan sih lo merokok?
Y         : Ngerokok pertama kali sejak SMP kelas 2
Gw      : Kenapa?
Y         : Pengen aja sih, trus temen- temen gw juga udah mulai ngerokok waktu itu
Gw      : Kenapa bisa berlanjut terus sampe sekarang?
Y         : Kan sesuai prinsipnya, ngerokok bikin ketagihan. Mungkin kayak gitulah.
Gw      : Lo bener-bener ngerasa gak kalo itu ketagihan? Contohnya?
Y         : Kalo gw sih ngerasanya gk sampe ketagihan juga. Tapi kalo abis makan, apalagi yg  pengen banget ngerokok.
Gw      : Lo pernah coba untuk tidak merokok gak di saat-saat seperti itu?
Y         : Pernah sih, dan itu berhasil buat beberapa hari. Pas ngerokok lg, ya udah bawaannya pengen terus.
Gw      : Lo tau kan apa bahaya rokok buat lo?
Y         : Tau, kan di kemasan rokoknya ada.
Gw      : Haha! Ada kesadaran di sana berarti. Trus lo merokok karna apa donk? Kalo ketagihan bukan, trus apa?
Y         : Kalo gw sih ngerokok sebagai pelengkap, kalo ngumpul ama teman-teman. Tapi dalam kondisi tertentu, rokok jg bisa jd temen. Misalnya, lagi nunggu sendiri, pasti bawaannya pengen ngerokok.
Gw      : Pasti? Hmmm, itu semacam sugenti donk ya?
Y         : Relatif sih
Gw      : Berarti itu bisa jadi sebuah sugesti tp bisa juga kesadaran donk. Jadi lo sebenernya sadar kalo rokok itu gak baik.
Y         : Iya, gw sadar rokok itu gak baik. Walaupun itu nyadarnya agak telat sih. hahaha

 
Perokok aktif si Y ini memiliki pengakuan yang isinya hampir sama dengan interviewee gw sebelumnya. Doi merokok semula karena iseng, ingin mencoba karena kebanyakan temannya juga merokok. Si Y juga merasa kalo sebenarnya merokok itu tidak membuat doi sampe ketagihan, tetapi lebih kepada sugesti. Y merasa kesehariannya kurang lengkap tanpa rokok, apalagi ketika berkumpul dengan teman – temannya. Bahkan rokok dianggap sebagai teman ketika doi sendiri. 

Hmmm! Kalo udah kayak gini, sepertinya susah ya gaisss tuk doi berhenti merokok. Karena Y ini akan merasa seperti kehilangan temannya ketika berhenti merokok. Padahal itu sekedar perasaan Y doank.
Y tentu bisa berhenti merokok, jika kemauan tersebut berasal dari dia sendiri. Tetapi kemauan tidak cukup, harus ada kesungguhan berusaha di sana. Setujuh?? \m/

4 comments:

  1. oke...
    Menurut hemat saya, merokok juga bukan hal nista... dan saya kira apabila tidak melanggar undang-undang, itu adalah perbuatan sah yang tidak perlu dibesar-besarkan. Sama halnya dengan kita sama-sama bungkam di dalam ruang ber AC dengan jas yang hangat sembari menikmati hembusan perangkat pendingin ruangan. :-D

    ReplyDelete
  2. bener ka! setujuh!
    kita menghindari dinginnya AC juga krn kesadaran kita sendiri. sama halnya kan dengan kita menghindari bahaya rokok? ato beda ka? hehe.
    mau donk ka, share tulisan ke blog ini juga, biar makin beragam.
    thanks \m/

    ReplyDelete
  3. masalahnya nge-blog gak bisa pake tulisan tangan sihh.... :P jadi yaaa gak belom bisa share tulisan..
    Tapi, ini cukup bagus.. tinggal sudut pandang yang dihadirkan sebaiknya lebih beragam..

    ReplyDelete
  4. siap pak edukator!!
    doakan saya menemukan kemudahan dalam melengkapi sudut pandang topik di atas *alah *lebay

    tulisan tangan juga gpp aniwei, bisa dikirim ke alamat sy, nanti sy yg post ke blog ini, tp tetap menggunakan identitas anda #radamaksa

    ReplyDelete