About Me

My photo
a public relation student at one of the best university in Indonesia and a fanatic fan of her mom!

Tuesday, November 29, 2011

Pengakuan mereka, para perokok aktif. Perubahan itu dimulai dari DIRI SENDIRI!

Umumnya mereka hanya iseng atau sekedar mencoba yang namanya rokok. Kenapa mereka berakhir menjadi perokok aktif seperti sekarang? Bagaimana latar belakang pengetahuan mereka mengenai rokok dan bahayanya? Sampai dimana tingkat kesadaran mereka akan hal itu? Hmmm, Cekidot gaiss!!!

Cuplikan hasil interview dengan, hmmm, sebut saja namanya X. 
Gw      : Sejak kapan lo mulai merokok X? Dan kenapa?
X         : Sejak SMA. Iseng – iseng doank
Gw      : Kenapa bisa berlanjut sampai sekarang?
X         : Ya, karena gw gak bisa berhenti merokok.
Gw      : Kenapa lo gak bisa berhenti? Mang lo udah coba berapa kali?
X         : Gw sesak nafas kalo berhenti merokok. Kalo merokok gw adem anyem aje tuh.
Gw      : Itu sugesti kali X. Kapan dan dimana aja lo merokok?
X        : Gw merokok tergantung tempatnya. Kalo tempatnya gak mengijinkan gw buat merokok, ya gw gak merokok.
Gw     : Hmmm! Sebenernya lo bs berhenti merokok donk. Kalo semua tempat gak mengijinkan lo merokok, lo gak merokok donk.
X         : Intinya gini, gw bisa mengurangi konsumsi rokok gw. Tapi gw gak bisa berhenti.
Gw      : Kalo bisa mengurangi, lo bisa berhenti donk.
X         : Aminnnn
Gw      : Lo tau gak sih akan bahaya rokok X?
X         : Tau donk, kan tertera di bungkusnya, haha.
Gw      : Lo tau akan bahaya rokok, tapi lo tetap merokok. Jadi lo juga sadar kalo merokok itu gak baik tuk kesehatan lo kan?
X         : Lama – lama lo kayak dukun ye!
           
Perokok aktif kita yang satu ini tahu dan sadar akan kebiasaan buruknya tersebut berdampak negatif bagi kesehatannya. Tapi sekedar tahu dan sadar gak cukup gaisss tuk berubah. Harus bertindak! Si X dalam hal ini kurang berusaha dan mencoba, padahal dia tidak merokok jika sedang berada dalam keadaan dan ruang yang diharuskan bebas asap rokok. Semua perubahan dimulai dari DIRI SENDIRI temans. Buang semua sugesti negatif yang ada di pikiran kita, jangan seperti X yang menuruti sugesti negatifnya untuk tetap merokok. Hehe.., peace yaw X :P 

No comments:

Post a Comment